Info

Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional.[1][2] Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitubumi. Dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup. Tanggal ini bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan Bumi utara) dan musim gugur di belahan Bumi selatan. PBB sendiri merayakan hari Bumi pada 20 Maret sebuah tradisi yang dicanangkan aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969, adalah hari dimana matahari tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinoks Maret.

Kini hari bumi diperingati di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network).[3]

(Wikipedia)

Sabtu, 16 Juni 2012

Dari Kami Untuk Karst Citatah yang Lebih Baik


Assalamualaikum wr wb.
Salam! Sebelumnya perkenalkan, nama sy Danni Gathot Harbowo. saya mahasiswa program studi biologi, sekolah ilmu dan teknologi hayati dan sy kepala Divisi Keprofesian dan Inovasi Himpunan mahasiswa Nymphaea ITB (jur biologi dan mikrobiologi). saya mewakili beberapa teman-teman di Nymphaea yang peduli dan tertarik dengan keadaan disana.

Penambangan yang semakin massif di Gunung Pabeasan, Sebagian Besar Perusahaan Penambang tak Mengantongi Ijin (foto:zot photospeak)
Secara umum, Karts Citatah termasuk ekosistem yang memegang peranan penting dalam kestabilan ekosistem lainnya. selain menjadi beberapa habitat spesies kunci, karst juga merupakan sebuah sistem yang mampu menyerap karbon atmosfer menjadi karbon formasi solid. sama halnya dengan hutan. Jika dalam hutan, karbon diserap untuk menjadi biomassa (rantai karbon panjang), dalam formasi karst, karbon diubah menjadi formasi kalsium karbonat (CaCO3). Kemampuan penyerapan karbon ini akan membantu pencegahan fenomena pemanansan global.

Diketahui pula Karst menjadi habitat bagi berbagai jenis kelelawar yang berperan dalam proses penyerbukan, pengendalian hama, dan pengendali populasi vektor penyakit (nyamuk). keberadaan kelelawar ini akan membantu kegiatan industri pertanian dan beberapa sektor yang berkaitan secara tidak langsung. Dengan dasar itulah, menurut kami penting untuk mengelola situs karst citatah agar tetap lestari dan menjadi ekosistem yang mampu memegang peranan penting bagi kehidupan yang selaras dengan kesejahterahan masyarakat.

Aktifitas penambangan batuan limestone sering menimbulkan beberapa masalah ketika tidak diintegrasi dengan keadaan alami di daerah tersebut. metode-metode penambangan yang tidak tepat justru akan memberikan dampak buruk terhadap keberlangsungan kegiatan industri dan kehidupan alami didaerah tersebut. oleh karena itu diperlukan suatu rekayasa dalam aktifitas penambangan, baik dari proses hilir hingga hulu agar permasalahan yang timbul dapat ditangani dengan baik.
Peringatan Hari Bumi, Gunung Hawu Padalarang, di Tengah lalu Lintas Truk Tambang Karst
InsyaAllah tanggal 24 - 25 september 2011, kami akan melakukan beberapa penelitian kecil untuk mendukung hipotesis kami sehingga dapat menjadi solusi terbaik bagi kelangsungan aktifitas di situs karst citatah. ada beberapa studi terkait penelitian yang kami lakukan, yaitu
1. Geomikrobiologi (untuk mencari bahan alternatif untuk pembuatan semen)
2. Konservasi Kelelawar (untuk melihat fenomena yang terjadi dan penanganan selanjutnya)
3. Analisis reklamasi hutan (untuk mencari celah rekayasa untuk proses penanaman)

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, saya mengharapkan dukungan teman-teman semua untuk bersama-sama memberikan solusi bagi lingkungan kita. intergasi dari berbagai sudut pandang akan memberikan suatu manfaat lebih dalam pengelolalan lingkungan yang lebih baik. terima kasih atas perhatiannya.

Waalaikumusalam wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar