Info

Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional.[1][2] Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitubumi. Dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup. Tanggal ini bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan Bumi utara) dan musim gugur di belahan Bumi selatan. PBB sendiri merayakan hari Bumi pada 20 Maret sebuah tradisi yang dicanangkan aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969, adalah hari dimana matahari tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinoks Maret.

Kini hari bumi diperingati di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network).[3]

(Wikipedia)

Sabtu, 19 Januari 2013

Info Jalan-jalan ke Gunung Puter

Gn. Puter. Dok. Pribadi
Gunung Puter terletak di kawasan kampung Cidadap RW 12, Desa Padalarang, Kec. Padalarang, Kab. Bandung Barat. Bersebelahan dengan Gunung Hawu (Karst Citatah) yang seperti keju/ keropos sebelah. Sebutan gunung, dalam tulisan ini jangan difahami dalam artian yang ilmiah, memiliki tinggi seribu meter lebih. Tidak, gunung yang dimaksud dalam tulisan ini adalah berarti bukit. Karena orang lokal menyebutnya gunung, lantas saya juga menyebutnya gunung dalam tulisan ini.

Bukit ini dinamai Gunung Puter karena bentuknya yang memutar seperti kerucut. Beberapa tahun ke belakang areal Gunung Puter sempat masuk areal padat karya. Padat karya adalah program pemerintah dalam rangka memproduktifkan kawasan hijau. Oleh karenanya, pohon-pohon yang ditanam yang masuk program padat karya adalah pohon-pohon besar yang bernilai ekonomis, selain juga bernilai ekologis.

Bukit yang oleh penduduk lokal ini dinamai Gunung Puter dianggap sebagai bukit tertinggi diantara deretan bukit yang ada di kawasan kampung Cidadap.  Dari puncak bukit ini kita dapat melihat dengan jelas kawasan Bandung yang dilingkupi Gunung. Apa lagi jika kita memantau Bandung saat malam, dari puncak bukit ini. Lampu-lampu di seantero Bandung akan nampak indah beratapkan bintang. Itu pun bila langit sedang bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar