Info

Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional.[1][2] Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitubumi. Dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup. Tanggal ini bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan Bumi utara) dan musim gugur di belahan Bumi selatan. PBB sendiri merayakan hari Bumi pada 20 Maret sebuah tradisi yang dicanangkan aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969, adalah hari dimana matahari tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinoks Maret.

Kini hari bumi diperingati di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network).[3]

(Wikipedia)

Jumat, 22 Juni 2012

Inilah Dodol Jambu Khas Kawasan Karst (Cidadap)

Dodol konon adalah jenis makanan yang tercipta untuk tujuan pengawetan makanan. Dengan didodol, jenis makanan tertentu menjadi tahan lama, unsur air dalam makanan saat didodol diminimalisir sedemikian rupa.

Kp. Cidadap sebagai kampung penyangga Kawasan Karst  (Tebing Hawu dan Tebing 125) adalah kampung yang dikenal memiliki area kebun jambu yang sangat luas. Bisa dikata sebagian besar warga kampung tersebut bermatapencaharian sebagai petani jambu. Maka tidak heran jika jambu menjadi komoditi utama di kampung tersebut.

Namun tidak bisa dipungkiri memang, warga yang sebagian besar adalah petani jambu, belum  banyak yang berpikir ke arah mengolah bahan baku yang ada dan berlimpah menjadi produk-produk olahan tertentu. Oleh karenanya, untuk mengisi kekosongan itu, sebagai bagian dari upaya pemulihan Kawasan Karst dari kerusakan yang lebih lanjut karena ditambang. Maka Forum Pemuda Peduli Karst Citatah bekerjasama dengan Gapoktan Makmur Rahayu mendorong warga kampung untuk senantiasa mengolah bahan baku berupa jambu yang berlimpah menjadi produk olahan. Dalam hal ini dodol jambu. (YZ)

Foto: Devi Firmansyah







AKAN SEGERA HADIR:


2 komentar:

  1. Mantap, Mas Bro!
    Ditunggu produknya yaa, kayaknya enak dan legit ituh.. :P

    BalasHapus
  2. iya kang Toni, ini juga kita lagi pemantapan produk. Tunggu aja, kita pasti hadir dengan produk-produk pertanian yang insyaalloh berkualitas. Trus insyaalloh juga kita mau buka gerai yang didalamnya dijual aneka ragam produk olahan hasil bumi dan kerajinan-kerajinan dari warga Kawasan Karst Citatah.

    BalasHapus